Posted on

pengertian ketahanan nasional indonesia

Pengertian Ketahanan Nasional Indonesia

Lembaga Ketahanan Nasional, disingkat Lemhannas, adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pendidikan pimpinan tingkat nasional, pengkajian strategik ketahanan nasional dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan.

Pengertiannya adalah Kekuatan dalam negara untuk mengantisipasi serangan dari musuh negara untuk menjadikan negara ini tetap berdaulat  dan bersatu.
Untuk menjaga negara perlu  ketahanan nasional maka perlu kekuatan strategi yang manjaga utuh negara ini.

Pertahanan Nasional Indonesia ini juga harus menjadikan kekuatan dalam 3 unsur yaitu udara , Laut dan darat sehinggga musuh dari luar tidak akan bisa masuk ke dalam.

Berikut ini 3 definisi  unsur dalam ketahanan nasional :

Unsur Kekuatan Udara 
adalah memperkuat strategi serangan udara dari musuh dan memperbanyak pesawat tempur sehingga akan memperkuat daya kekuatan angkatan udara.
  
Kekuatan Angkatan Laut
kekuatan ini juga akan memberikan upaya strategi yang akan meng antisipasi serangan laut karna serangan laut ini juga sangat signifikan oleh karna itu perlunya kekuatan pasukan laut untuk mengantisipasi serangan dilaut.

Serangan Darat 
Kekuatan ini sangatlah penting untuk mengantisipasi serangan darat dari musuhh – musuh sehingga perlunya strategi dan alat perang yang cangih seperti TANK dan senjata otomatis. Perlunya tentara ini berlatih untuk menghadapi serangan musuh.

Semuanya untuk pertahanan nasional dan menjadi negara ini berdaulat dan tetap utuh dari ancaman- ancaman musuh.

 

Secara umum ketahanan Nasional adalah suatu kondisi dinamis suatu bangsa yang terdiri atas ketangguhan serta keuletan dan kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala macam dan bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun luar, secara langsung maupun yang tidak langsung yang mengancam dan membahayakan integritas, identitas, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan dalam mewujudkan tujuan perjuangan nasional.

Dalam definisi ketahanan nasional, ketahanan mempunyai 2 contoh

Contoh Bentuk-bentuk ancaman menurut doktrin hankamnas (catur dharma eka karma) :

1. Ancaman di dalam negeri
Contohnya adalah pemeberontakan dan subversi yang berasal atau terbentuk dari masyarakat indonesia.

2. Ancama dari luar negeri
Contohnya adalah infiltrasi, subversi dan intervensi dari kekuatan kolonialisme dan imperialisme serta invasi dari darat, udara dan laut oleh musuh dari luar negri.

 Definisi perkembangan ketahanan nasional :
Dalam perkembangannya ketahanan nasional adalah ketahanan nasional sudah dikenal diseluruh Indonesia. Dapat dikatakan bahwa istilah itu telah menjadi milik nasional. Ketahanan Nasional baru dikenal sejak permulaan tahun 60 an. Pada saat itu istilah itu belum diberi devinisi tertentu. Disamping itu belum pula disusun konsepsi yang lengkap menyeluruh tentang ketahanan nasional. Istilah ketahanan nasional pada waktu itu dipakai dalam rangka pembahasan masalah yang sedang dihadapi oleh Negara dalam pembinaan ter itorial atau masalah pertahanan keamanan pada umumnya.
Walaupun banyak instansi maupun perorangan pada waktu itu menggunakan istilah ketahanan nasional, namun lembaga yang secara serius dan terus-menerus mempelajari dan membahas masalah ketahanan nasional adalah lembaga pertahanan nasional atau lemhanas. Sejak Lemhanas didirikan pada tahun 1965, maka masalah ketahanan nasional selalu memperoleh perhatian yang besar.
Pengertian kedua dari Lemhanas yang disebut dalam ketahanan nasional konsepsi tahun 1969 merupakan penyempurnaan dari konsepsi pertama ialah :
Ketahanan nasional adalah keuletan dan daya tahan suatu bangsa yang mengandung kemampuan untuk memperkembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala ancaman baik yang datang dari luar maupun yang datang dari dalam yang langsung maupun tidak langsung membahayakan kelangsungan hidup Negara Indonesia.
Ketahanan nasional merupakan kodisi dinamis suatu bangsa, berisi keuletan dan ketangguahan, yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional,didalam menghadapi didalam menghadapi dan mengisi segala tantangan, ancaman ,hambatan, serta gangguan baik yang datang dari luar maupun dari dalam, yang langsung maupun tidak langsung membahayakan integritas,identitas , kelangsungan hidup bangsa dan Negara serta perjuangan mengejar perjuangan nasional.

Dalam ketahanan nasional mempunyai 15 nama gubernur dalam lembaga pertahan nasional (LEMHANNAS) yaitu :

berikut ini daftar nama gubernur lemhannas:

  1. Mayjen (TNI) Wiluyo Puspoyudo (1965-1967)
  2. Mayjen (TNI) Suadi (1968-1970)
  3. Letjen (TNI) A. Kosasih (1970-1974)
  4. Letjen (TNI) Sayidiman Suryohadiprojo (1974-1978)
  5. Letjen (TNI) Sutopo Yuwono (1978-1983)
  6. Letjen (TNI) Soebijakto (1983-1989)
  7. Letjen (TNI) Soekarto (1989-1994)
  8. Mayjen (TNI) R. Hartono (1994-1995)
  9. Letjen (TNI) Moetojib (1995-1996)

10. Letjen (TNI) Sofyan Effendi (1996-1998)

11. Letjen (TNI) Agum Gumelar, M.Sc. (1998-1999)

12. Letjen (TNI) Johny J. Lumintang (1999-2001)

13. Prof. Dr. Ermaya Suradinata, MH (2001-2005)

14. Prof. Dr. Muladi, SH (2005-2011)

15. Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji, CES, DEA (2011- sekarang)

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Lembaga_Ketahanan_Nasional

http://organisasi.org/pengertian_arti_definisi_ketahanan_nasional_bangsa_negara_indonesia_belajar_gratis_pelajaran_pengetahuan_pmp_dan_ppkn_online

http://khairulchaniago.wordpress.com/pengertian-arti-definisi-ketahanan-nasional-bangsa-negara-indonesia/

 

About ismailandi

ismail andi wiguna ,18 tahun lahir di jakarta sekarang melanjutkan pendidikan di universitas gunadarma fakultas teknologi industri jurusan teknik industri angkatan 2012,blog ini berisikan tugas - tugas pelajaran softskill.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s