Posted on

Asas-asas ketahanan nasional

Asas – asas ketahanan nasional Indonesia

 Asas-asas ketahanan nasional Indonesia adalah perilaku yang didasari nilai-nilai yang tersusun berlandaskan Pancasila, UUD 1945 dan Menjadikan Bangsa ini integritas dan indentitas dengan kepribadian bangsa kita yang mana bangsa ini akan menjadikan bangsa yang maju dalam segala aspek terutama aspek ekonomi untuk pembangunan nasional.

Asas-asas ketahanan nasional Indonesia diantaranya :

1.   Asas kesejahteraan dan keamanan

2.   Asas komprehensif integral atau menyeluruh terpadu

3.   Asas mawas ke dalam dan ke luar

4.   Asas ekonomi

5.   Asas kekeluargaan

6.   Asas kesejahteraan sosial

7.   Asas ketahanan

 

 

1. Asas Kesejahteraan dan Keamanan

Kesejahteraan dan keamanan dapat dibedakan tetapi tidak dapat dipisahkan dan merupakan kebutuhan manusia yang mendasar dan esensial, baik sebagai perorangan maupun kelompok dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2. Asas Komprehensif integral atau menyeluruh terpadu

Ketahanan nasional mencakupketahanan segenap aspek kehidupan bangsa secara utuh, menyeluruh dan terpadu.

3. Asas mawas ke dalam dan mawas ke luar

Sistem kehidupan nasionalmerupakan perpaduan segenap aspek kehidupan bangsa yang saling berinteraksi. Mawas ke dalam bertujuan menumbuhkan hakikat, sifat dan kondisi kehidupan nasional itu sendiri. Mawasw ke luar bertujuan untuk dapat mengantisipasi dan ikut berperan serta menghadapi dan mengatasi dampak lingkungan strategis luar negeri.

4. Asas ekonomi

Asas ekonomi untuk mempertahan kesejahkteraan rakyat indonesia agar tidak membuat rakyatnya sengsara dengan asas ekonomi ini juga akan menjadi pembangunan merata ke semua daerah. 
Madsud dan tujuan asas ekonomi ini akan memudahkan kesejahteraan rakyat lebih maju dan mapan sehingga tidak keterbelakangan.

5. Asas kekeluargaan

Mengandung keadilan, kearifan, kebersamaan, kesamaan, gotong rotong, tenggang rasa dan tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

6. Asas kesejahteraan sosial

Kesejahtaraan sosial membuat negara semakin maju karna majunya negara majunya rakyat juga dan terbelakangan kemajuan negara juga keterbelakangan rakyatnya juga.

7. Asas ketahanan

Yang paling terpenting adalah asas- asah ketahanan nasional adalah berpaku terhadap UUD 45 dan Pancasila sehingga negara ini menjadi satu kesatuan bangsa yang untuh.

KESIMPULAN

 Ketahanan nasional adalah kondisi dinamika, yaitu suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan ketahanan, Kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan dan ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luar. Juga secara langsung ataupun tidak langsung yang dapat membahayakan integritas, identitas serta kelangsungan hidup bangsa dan negara.

 

Kondisi kehidupan nasional merupakan pencerminan ketahanan nasional yang didasari oleh landasan idiil Pancasila. Ketahanan Nasional adalah kondisi nasional harus diwujudkan dan harus di bina secara terus menerus dan sinergi mulai dari pribadi hingga nasional. Konsepsi ketahanan nasional Indonesia adalah konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang seimbang.

 

 

http://jatiprasetyo.blogspot.com/2012/04/pengertian-ketahananasas-asas.html

About these ads

About ismailandi

ismail andi wiguna ,18 tahun lahir di jakarta sekarang melanjutkan pendidikan di universitas gunadarma fakultas teknologi industri jurusan teknik industri angkatan 2012,blog ini berisikan tugas - tugas pelajaran softskill.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s